Install driver Nvidia, dan steam di BlankOn X Tambora menggunakan laptop dell vostro 14 5000 series

Pendahuluan

Pada Sistem Operasi berbasis GNU/Linux sebagian besar driver sudah dikenali, dan tertanam di dalam kernel. Karena sebagian besar driver sudah dikenali membuat pengguna tidak perlu lagi melakukan instalasi driver satu persatu setelah selesai instalasi sistem operasi berbasis GNU/Linux,  kelebihan lainnya adalah sistem akan lebih cepat berjalan karena tidak perlu meload driver (baca: driver sudah terdapat di dalam kernel).

Ada beberapa driver yang biasanya belum di kenali oleh kernel, yakni driver vga seperti nvidia dan ati. Oleh karena itu dibutuhkan instalasi driver vga terlebih dahulu untuk mengoptimalkan kinerja dari sistem operasi itu sendiri. Tidak seperti sistem operasi Wind#ws yang dimana pada saat proses instalasi driver hanya perlu klak-klik "next", di sistem operasi berbasis GNU/Linux mempunyai tingkat "bahaya" yang bervariasi saat proses instalasi driver.

Instalasi Driver

Di BlankOn X Tambora proses instalasi cukup sederhana dan mudah, namun di sarankan untuk berdo'a terlebih dahulu. Install driver dengan menggunakan command berikut:

sudo apt-get -y install blankon-nvidia-hybrid

Tunggu sampai proses instalasi selesai (baca: direkomendasikan untuk berdo'a dengan sungguh-sungguh)

reboot (opsional)

Instalasi Steam

Steam adalah aplikasi distributor game, dengan steam kita dapat memainkan berbagai macam game gratis ataupun berbayar. Steam merupakan aplikasi wajib bagi gamer-gamer saat ini.

Silahkan download paket .deb steam di http://store.steampowered.com/

Setelah selesai, pindah ke lokasi direktori tempat paket .deb steam yang telah selesai di download menggunakan perintah cd, biasanya terletak di direktori Downloads

cd Downloads

Install steam dengan perintah dpkg

sudo dpkg -i paket_steam.deb

baca: silahkan paket_steam disesuaikan dengan nama paket yang telah terdownload sebelumnya

Setelah selesai, kita belum bisa menggunakan steam selama library 32 bit belum terinstall. Sebelumnya meng-install library 32 bit kita harus mengaktifkan multi-arch. Multi-arch adalah fitur yang memungkinkan untuk melakukan instalasi software 32-bit dan 64-bit di Komputer yang sama. Silahkan gunakan perintah berikut:

sudo dpkg --add-architecture i386

update setelah proses di atas selesai

sudo apt-get update

Silahkan install library 32-bit

sudo apt-get install libgl1-mesa-dri:i386 libgl1-mesa-glx:i386 libc6:i386

langkah terakhir adalah dengan menginstall library openGL 32-bit dengan perintah berikut:

sudo apt-get install libgl1-nvidia-glx-i386

Setelah selesai, sekarang kita bisa menggunakan steam ketik steam, lalu enter


"Selamat Menikmati" - bungkus martabak



Komentar

Masih anget-anget

Dongeng selama Ignition gerakan 1000 Startup digital

RulerKoster #1